22 Juni 2021 3:11 pm

Cara Menghemat Air di Rumah Agar Terhindar dari Kekeringan

Cara Menghemat Air di Rumah Agar Terhindar dari Kekeringan
Cara menghemat air di rumah agar terhindar dari kekeringan, khususnya pada musim kemarau, perlu untuk kamu ketahui. Biasanya tanpa disadari kita kelewat boros menggunakan air demi keperluan yang tidak terlalu penting.Sebagai sumber kehidupan utama guna mendukung aktivitas sehari-hari, ‘menghormati’ air dengan menghematnya adalah sesuatu yang mesti terus digaungkan.Jangan sampai kekeringan melanda rumah yang kamu tempati di saat orang lain masih bisa menggunakan air dengan layak.
Adanya gerakan “Hari Air Sedunia” juga menunjukkan sekaligus sebagai pengingat agar penggunaannya dilakukan dengan efisien.Contoh banyaknya daerah yang mengalami kekeringan tentu saja tak ingin kamu alami, bukan?Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara menghemat air di rumah agar terhindar dari kekeringan.

Cara Menghemat Air di Rumah Agar Terhindar dari Kekeringan

1. Mencuci Pakaian dalam Jumlah Banyak Sekaligus
-

Tak jarang kita mencuci pakaian di saat jumlah pakaian belum terlalu menumpuk.Hal ini tentu kurang efisien karena penggunaan air dalam jumlah besar berpotensi terjadi.Ada baiknya, cucilah pakaian kotor pada hari-hari tertentu.Namun, tentu saja juga mesti mempertimbangkan agar cucian tidak menggunung.Trik ini bisa dipakai sebagai salah satu cara menghemat air di rumah.

2. Mandi dengan Air Secukupnya

-
Tiap penghuni rumah berbeda-beda dalam memperlakukan air ketika mandi.Ada yang sangat boros, tapi ada pula yang hemat dan menggunakan dengan bijak.Dalam pembilasan ketika mandi, misalnya, atur pengeluaran air sebaik mungkin.Jangan sampai meskipun badan telah bersih, kamu terus menerus membilasnya sehingga air yang dikeluarkan sangat banyak.Terlihat sepele, tapi jika dilakukan sering, hal ini bukan tidak mungkin membuat rumah yang kamu huni mengalami kekeringan.Tentu tak ingin, kan?

3. Perhatikan Cuaca dalam Penggunaan Air


-
Memerhatikan cuaca sehari-hari ternyata bisa menjadi indikasi awal dalam cara menghemat air.Jika sedang musim hujan ada baiknya urungkan niat untuk membersihkan kendaraan seperti air dan motor di rumah.
Pasalnya, kendaraan tersebut akan dengan mudah kotor kembali karena cipratan air hujan.Sementara ketika musim kemarau, mencuci mobil atau motor bisa dilakukan dengan membersihkan body-nya saja.Kecuali jika kamu memilih untuk menggunakan jasa pencucian kendaraan.

4. Jangan Menunda Jika Pipa Air Bocor

-
Jangan sekali-kali tak acuh jika mendapati pipa air yang bocor di rumah.Salah satu sumber mengatakan, tetesan air pada pipa bocor bisa menghasilkan air sebanyak puluhan liter per hari.Tak ada salahnya memeriksa saluran pipa rumah dari kemungkinan bocor secara berkala, misalnya, 3 atau 4 hari sekali.


5. Menyiram Tanaman dengan Tangan


-
Beberapa tanaman hias di rumah tidak memerlukan air banyak dalam perawatannya.Untuk diketahui, membutuhkan setidaknya 33 persen air lebih banyak ketika menyiram tanaman menggunakan selang.Tips agar menyiasati hal tersebut yakni menyiram tanaman menggunakan tangan.Bawalah satu ember air dan siram tanaman menggunakan tangan ke area yang benar-benar membutuhkan air, seperti akar, tanah, atau daun-daun kecil.Hal ini jelas lebih hemat dibandingkan menggunakan selang.

6. Menampung Air Hujan

-
Menampung air hujan juga bisa dijadikan cara menghemat air di rumah, lo.Tentu saja bukan digunakan untuk mandi atau mencuci piring kotor.Melainkan bisa dimanfaatkan guna membersihkan halaman rumah atau bahkan menyiram rumput pada waktu-waktu tertentu.Jangan lupa, jika ingin mencoba cara ini, tutup penampungan air hujan untuk mencegah nyamuk berkembang biak.***Itulah cara menghemat air di rumah agar terhindar dari kekeringan, Sahabat 99.Semoga ulasannya bermanfaat.


sumber : https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menghemat-air-di-rumah/
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak
0821-1588-8686
(0232) 89 11 529
marketing@bumimuliaproperty.com
Alamat Kantor Marketing
Jl. R. E Martadinata No. 35 Desa Kertawangunan
Kec. Sindangagung Kab. Kuningan
Developed By
-
-
@2024 Kerta Mulya Residence Inc.